@thesis{thesis, author={AGUSTIN and Dr. and Prof. }, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEBATE DAN THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DIKELAS IX 1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 GORONTALO KOTA GORONTALO }, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK Agustin Lahmutu. 2014, Nim. 221 414 006 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Debate dan Think Pair And Share Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas IX1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah Bimbingan Bapak Prof. Drs. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dr. Lucyane Djaafar, SH. M.Pa selaku dosen pembimbing II Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelejaran Debate dan Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan? Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus 2 kali pertemuan, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX1 SMP Negeri 6 Gorontalo dengan jumlah siswa 32, tehnik pengolahan dan analisis data menggunakan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 75 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang diajarakan khususnya pada mata pelajaran PKn, dengan menggunakan model pembelajaran Debate dan Think Pair And Share yang mengharuskan siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Pada penelitian ini, hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai presentase 71% atau 23 orang yang tuntas dalam proses pembelajaran dari 32 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua hasil belajar siswa lebih meningkat dari yang sebelumnya mendapatkan hasil presentase 91% atau 29 orang dan mendapatkan hasil yang sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Debate dan Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IX1 SMP Negeri 6 Gorontalo. } }