@thesis{thesis, author={ABDURAJAK and Dr. and Prof. }, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IX 6 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO}, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK Abdurajak Adam 221 414 008. ..."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Time Token dan Problem Posing Di Kelas IX6 SMP Negeri 2 Limboto. Skripsi. Pembimbing I : Prof. Drs. Welly Pangayow, M.Si,Ph.D. Pembimbing II : Drs. Hj. Lucyane Djaafar, SH.M.Pa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IX6 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Time Token dan Problem Posing di kelas IX6 SMP Negeri 2 Limboto. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Time Token dan Problem Posing. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas IX6 yang berjumlah 29 orang terdiri dari laki 16 orang siswa dan perempuan 13 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I pertemuan pertama yaitu hasil belajar siswa mencapai 86% dan pada pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dan Problem Posing maka hasil belajar siswa akan meningkat khususnya di kelas IX6 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Time Token dan Problem Posing. } }