@thesis{thesis, author={FANTY and NOVIANITA and Prof. }, title ={DESKRIPSI PENYEBAB SISWA TAKUT BERTANYA PADA PELAJARAN MATEMATIKA}, year={2016}, url={}, abstract={ABSTRAK Fanty Sulingo. Nim 411 407 025. Deskripsi Penyebab Siswa Takut Bertanya Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hi. Hamzah B. Uno, M.Pd, (II) Hj. Novianita Achmad S.Si M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang faktor penyebab siswa takut bertanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kulitatif yang populasinya adalah seluruh siswa di SMP Negeri 3 Limboto Barat yang berjumlah 31 orang. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah paling paling banyak siswa di SMP Negeri 3 Limboto Barat memiliki ketakutan dalam bertanya khususnya pada pembelajaran matematika. Langkah awal yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengadakan observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru, untuk mengetahui aktivitas yang terjadi disaat KBM berlangsung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan kemudian data yang didapat diuji keabsahannya dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data. Dan dari data tersebut di peroleh hasil yaitu : kemampuan guru dalam memberikan materi (26,42%), pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan (10%), peran siswa di dalam KBM (23,57%), hubungan interaksi antara guru dan siswa dalam KBM (17,14%). Kata Kunci : keberanian siswa dalam bertanya masih rendah. } }