@thesis{thesis, author={APRI and Dr and Drs }, title ={Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan operasi Hitung Bilangan Pecahan pada Kelas V ( suatu penelitian pada kelas V SDN 80 Kota Tengah Gorontalo )}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Apri Jumiani. NIM. 411 408 006. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Pecahan pada Kelas V (Suatu Penelitian pada kelas V SDN 80 Kota Tengah Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I: Dr. Ali Kaku, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Yus Iryanto Abas, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan? Dan Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan ?. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis kesalahan-kesalahan dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa, Mengetahui letak kesalahan paling banyak yang dilakukan siswa kelas V SD, serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bentuk pecahan dan meminimalisir kesalahan dalam pemahaman konsep, perhitungan dan menentukan nilai tempat. Meode penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 80 Kota Tengah Gorontalo. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa kelas V tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan presentase kesalahan siswa pada objek langsung matematika (konsep, operasi hitung dan nilai tempat). Pada aspek konsep 70,58%, pada aspek operasi hitung 43,01% dan aspek nilai tempat 23,89%. Penyebab kesalahan siswa kurang teliti, tidak memahami konsep, tidak menguasai materi prasyarat, terburu-buru dan kurang konsentrasi dalam melakukan perhitungan serta siswa tidak belajar sama sekali. Berdasarkan hasil temuan penelitian , kesalahan terbanyak adalah kesalahan konsep sehingga disarankan pembelajaran lebih menekankan pada pemahaman konsep sehingga siswa tidak hanya menghafal dan coba-coba dalam menyelesaikan soal serta hendaknya diawal materi guru mengulas kembali materi prasyarat yang sangat berkaitan dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Kata kunci : Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan. } }