@thesis{thesis, author={Dra and FENTY and Prof. }, title ={Deskripsi Karakter Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Fenty Husain, Nim 411408030, Judul Skripsi “ Deskripsi Karakter Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran matematika, (suatu penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo)”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, Pembimbing II Dra. Kartin Usman, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar karakter tanggung jawab yang dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 8 Kota Gorontalo sebanyak 259 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Sampling yaitu dengan mengambil tiga kelas sebagai sampel penelitian. Data dikumpul melalui angket yang disusun dalam skala 4 (empat). Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis data deskriptif dan inferenasial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu sampel. Hasil penelitian menjelaskan bahwa lebih dari 60% siswa kelas VIII SMP 8 Kota Gorontalo memiliki Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil temuan ini disarankan jika selama ini matematika lebih dominan pada ranah kognitif maka sudah saatnya untuk mengupas ranah-ranah lainnya, dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Karakter, Tanggung Jawab, Matematika. } }