@thesis{thesis, author={Drs and MOHAMAD and NOVIANITA }, title ={Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Model Limboto Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dan Limas Melalui Metode Resitasi}, year={2013}, url={}, abstract={ABSTRAK Mohamad Adnan Ibrahim. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII MTs. Negeri Model Limboto Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dan Limas Melalui Metode Resitasi. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I (Drs. Perry Zakaria, M.Pd) dan Pembimbing II (Hj. Novianita Achmad, S.Si, M.Si). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Negeri Model Limboto pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan belum mamaksimalkan kompetensi siswa dalam menguasai materi yang diajarkan sehingga siswa masih pasif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah “apakah dengan metode menggunakan resitasi pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas kelas VIII akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas melalui metode resitasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas VIII5 MTs. Negeri Model Limboto tahun pelajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua sikilus dengan tahapan siklus menurut kart whol (dalam Uno,) yakni: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Evaluasi. Pengumpulan data yang dilakukan adalah denagan menggunkan instrument berupa lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan pada siklus I bahwa dari 25 orang yang dikenai tindakan hanya 15 orang atau 40% mendapatkan nilai diatas 75yang memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar. Presentasi hasil belajar yag diperoleh siswa belum mencapai kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan. Jumlah dan presentasi ini meningkat pada siklus II, dimana dari 25 orang yang dikenai tindakan, 20 orang atau 80% memproleh nilai diatas 75. Sehinnga indikator keberhasilan yang ditetapkan dipenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas. Hal ini terbukti dengan hasil evaluasi siklus I dan siklus II pada penelitian ini. Kata Kunci: Metode pembelajaran resitasi, hasil belajar meningkat } }