@thesis{thesis, author={Dra. and PRANSISKA and Prof. }, title ={PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA KOMIK PADA POKOK BAHASAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DIKELAS III SD 88 KOTA TENGAH}, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK Pransiska Bilontalo, NIM. 411408082. "PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA KOMIK PADA POKOK BAHASAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG. (KELAS III SD 88 KOTA TENGAH)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan keliling persegi dan persegi panjang. Penelitian ini dilakukan di SD 88 Kota Tengah pada semester kedua tahun pelajaran 2012/2013 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III 88 Kota Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan keliling persegi dan persegi panjang. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung = 2,3261 > ttabel = 1,684. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan keliling persegi dan persegi panjang. Kata kunci : Metode Tutor Sebaya Dengan Media Komik, Keliling Persegi Dan Persegi Panjang, Hasil Belajar. } }