@thesis{thesis, author={Drs and H.S. and RAMLAH }, title ={PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TELAGA }, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Ramlah Wati Domili, NIM: 411409058, 2014. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Telaga". Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Yamin Ismail, M.Pd dan Pembimbing II: Hasan S. Panigoro, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Question Student Have, Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari strategi pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Telaga Kelas VIII1 dan VIII2 Tahun Pelajaran 2013-2014 sebanyak 223 orang yang tersebar di 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster random sampling. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik parametrik dalam hal ini dipilih uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil temuan, siswa malu dan takut dalam bertanya, takut mengemukakan pendapat dan kurang terampil dalam menarik kesimpulan. Karena jarang mengajukan pertanyaan atau mengutarakan pendapatnya sendiri pada saat diskusi kelas, mereka justru lebih memilih untuk diam ketika kegiatan diskusi masih berlangsung. Hanya siswa-siwa tertentu saja yang dapat mengajukan pertanyaan kepada guru. Sehingga hal ini berpengaruh buruk terhadap pemahaman konsep siswa. Dan hal ini menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa masih perlu ditingkatkan. } }