@thesis{thesis, author={Dra. and Drs and YUSRIN }, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI AKUTANSI-1 DI SMK N 1 LIMBOTO}, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK Yusrin Sunati. Nim 411413042. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Progam Linear Kelas XI Akutansi (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di SMK Negeri 1 Limboto). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2017 Pembimbing: (1) Drs. Perry Zakaria, M. Pd (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi Progam Linear. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI Akutansi-1 di SMK Negeri 1 Limboto tahun ajaran 2017-2018. Siswa yang diberikan kelas berjumlah 27 orang. Dimana laki-laki 10 orang dan perempuan 17 orang yang berkemampuan rendah, sedang, hingga yang berkemampuan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 79,17%, observasi aktivitas siswa mencapai 76.25%, sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai 18,52%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 90.83%, observasi aktivitas siswa mencapai 91.25% sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai 88,89% Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa sudah mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Dengan demikian bahwa hipotesis penelitian" Jika pembelajaran materi progam linear menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) maka kemampuan pemecahan masalah siswa akan meningkat". "dapat diterima" atau terbukti kebenarannya. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan masalah Matematika, Problem Based Learning, Program Linear } }