@thesis{thesis, author={DEWI and Dr. and KARTINI }, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa}, year={2017}, url={}, abstract={ABSTRAK KARTINI, NIM 411 413 126 " Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat Dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa ". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VII Pada Sub Materi Segiempat). SKRIPSI. Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Ismail Djakaria, M.Si dan Pembimbing II : Dewi Rahmawati Isa, S.Si, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung mada materi segiempat. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tapa Kelas VII pada semester genap 2016/2017 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sisws kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan komunikasi matematis yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validasi butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran langsung pada materi segiempat. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Pembelajaran langsung } }