@thesis{thesis, author={Dr and KARMAN and SUPARTIN }, title ={Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Bunyi}, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Karman 2014. Pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada topik Bunyi di MTS Al-Huda Gorontalo. Skripsi, Pogram Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing 2 Suparti M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen yang dilaksanakan di MTS Al-Huda Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metode Talking Sticktujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Talking Stick. Seluruh siswa kelas VIII MTS Al-Huda Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang menjadi penelitian ini dan diambil satu kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas tersebut diberikan tes sebanyak 2 kali, yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil uji-t hipitesis dimana thitung > ttabel. Hasil uji t, diperoleh nilai thitung = 6,72 untuk = 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,06. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan diterima H1.Hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 dan pertemuan 2. Untuk pertemuan ke-1 nilai pre-test sebssar 5,32 sedangkan post-test 34.28. Petemuan ke-2 untuk nilai pre-test sebesar 6,88 dan post-test 40.04. Dengan demikian bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stickpada topik Bunyi. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Metode pembelajaran Talking Stick. } }