@thesis{thesis, author={Dr. and RAHMA and SUPARTIN }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA DI KELAS VII SMP N I TAOPA (Suatu Penelitian di SMP Negeri I Taopa Tahun Pelajaran 2013/2014) }, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Rahma Lestari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif learning Dengan Menggunakan Pendekatan Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri I Taopa (suatu penelitian di SMPN .I TAOPA). Penenlitian ini akan di lakukan pada semester genap di kelas VII tahun ajaran 2013/2014.Skripsi, Gorontalo: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, Oktober 2014. Penelitian ini merupakan eksperimen dimana bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada dua kelas yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning dan menggunakan pendekatan berbeda yaitu kelas yang menggunakan pendekatan project based learning dengan kelas yang menggunakan pendekatan PAKEM. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Desain. Secara statistic, data rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan project based learning dengan kelas yang menggunakan pendekatan PAKEM diuji perbedaannya dengan menggunakan statistic uji t pada pengujian hipotesis. Berdasarkan pengujian taraf nyata 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan project based learning memiliki presentase 43 % sedangkan kelas yang menggunakan pendekatan PAKEM memiliki presentase 40 % . berdasarkan data, dapat disimpulkan bahawa penerapan model cooperative learning dan pendekatan project based learning dapat meningkatkaan hasil belajar siswa. Kata Kunci : PBL (Project Based Learning), Hasil Belajar Siswa. } }