@thesis{thesis, author={ABD and ADRIANUS and Drs. }, title ={ANALISIS KONSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI TERMODINAMIKA}, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Adrianus, 2015. Analisis Konsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Pada Materi Termodinamika. Pembimbing (I) Asri Arbie dan Pembimbing (II) Abd. Wahidin Nuayi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo yang menggunakan metode survei untuk mengidentifikasi konsepsi mahasiswa pada materi termodinamika dan memberikan gambaran tentang konsepsi yang ada. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2014 yang berjumlah 64 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pilihan ganda disertai alasan terbuka. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika mengalami miskonsepsi dan sebagian besar tidak paham konsep. Persentase konsepsi mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Fisika pada materi Termodinamika, yaitu 6.16% paham konsep, 4.32% miskonsepsi, dan 89.52% tidak paham konsep. Kata kunci: Konsepsi, Termodinamika } }