@thesis{thesis, author={ABD and Drs. and MUHAMMAD }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA TOPIK LISTRIK DINAMIS }, year={2016}, url={}, abstract={ABSTRAK Muhammad Firmansyah Hilahapa. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing yang dimodifikasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Topik Kinematika dalam Analisis Vektor(Suatu Penelitian di Kelas XI IPA 1SMA Negeri 6 Gorontalo Utara). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara kelas saatdibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yang dimodifikasi dengan kelas saatdibelajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Gorontalo Utara.Pengambilan sampel menggunakan teknik undian.Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A Single-Case Design.Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakaninstrumen tes dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada Treatment "B" lebih tinggi dibandingkan dengan Baseline "A1" dan "A2". Pada Treatment "B" rata-rata kemajuan hasil belajar siswa adalah 11,39. Pada Baseline masing-masing "A1" dan "A2" adalah 7,28 dan 6,79.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,025 > ttabel =2,093. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.Hal ini berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswaantara kelas saatdibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yang dimodifikasi dengan kelas saatdibelajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Kata Kunci :Snowball Throwing yang dimodifikasi, hasil belajar siswa ABSTRACT Muhammad Firmansyah Hilahapa. 2015.The Influence of the Cooperative Learning Model Snowball Throwing Modified to Student Learn Achievement on Physics Lesson Topic Kinematic in Vector Analysis (A research in Class XI Natural Sciences-1 Senior High School 1 North Gorontalo). Skripsi, Study Program of Physics, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Gorontalo State University. First Supervisor Drs. Asri Arbie, M.Si and Second Supervisor Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. This research aimed to look difference of student learn achievement between when the class learned by using cooperative learning model Snowball Throwing modified with class learned by using cooperative learning model Snowball Throwing. Population on this research is all students class XI Natural Sciences on Senior High School 6 North Gorontalo. Sample technique is using lottery technique. Research Design is using Single-Case design. Data collect is using test instrument and learning feasibility sheet. Based research result, average of student learn achievement on treatment "B" higher than Baseline "A1" and "A2". On treatment "B", average of student learn achievementon treatment "B" is 11,39. On Baseline "A1" and "A2" are 7,28 and 6,79. Result of hypotheses test showing that tcalculate = 5,025 > ttabel = 2,093. So can conclude that H0 is accept and H1 is rejected. Its mean can be found difference significant student learn achievement between class when the class learned by using cooperative learning model Snowball Throwing modified with the class learned by using cooperative learning model Snowball Throwing. Keywords: Snowball Throwing modified, student learn achievement } }