@thesis{thesis, author={Dr. and FATMAWATI and Prof. }, title ={Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Gorontalo}, year={2018}, url={}, abstract={Fatmawati Abas. 2018. "Upaya meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas X MIPA SMA Negeri 3 Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universita Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 3 Gorontalo. Kelas yang dipilih sebagai kelas penelitian yaitu kelas X MIPA 5 dengan jumlah peserta didik yaitu 36 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar aktivitas peserta didik, lembar keterlaksanaan proses (aktivitas guru) dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil yang telah didapat rata-rata peningkatan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 84,25% dengan kriteria baik.Keterlaksanaan proses pada siklus I sebesar 93,37% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 86,11%. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMA pada materi dinamika gerak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: model pembelajaran probelm based learning, hasil belajar, meningkatkan.} }