@thesis{thesis, author={Dr. and MISPANI }, title ={IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 11 Satu Atap Wonosari)}, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Mispani. 2015. "Implementasi pendekatan saintifik (Scientific Approach) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Ekosistem Di Kelas VII SMP Negeri 11 Satu Atap Wonosari". Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Elya Nusantari, M.Pd dan Ibu Dr. Lilan Dama, S.Pd.,M.Pd Sebagai Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini, untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dikelas VII SMP Negeri 11 Satu Atap Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil dan pelaksanaannya dalam dua siklus, yaitu masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan prosedur tindakan maka tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pada aktivitas guru dan siswa yang berisi aspek-aspek yang diamati selama proses pembelajaran dan menilai keaktifan belajar siswa yang dilakukan setiap pertemuan pada kedua siklus. Untuk evaluasi hasil belajar siswa dilakukan setiap akhir siklus pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan penerapan pendekatan saintifik (Scientific Approach) dapat menambah pemahaman siswa tentang konsep ekosistem, meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari, peningkatan keaktifan belajar siswa mulai dari siklus I pertemuan 1 yaitu 66,67%, pertemuan 2 yaitu 75% dan siklus II pertemuan 1 yaitu 83.33% meningkat ke pertemuan 2 yaitu 91.67%. sedangkan rata-rata peningkatan hasil belajar secara klasikal untuk siklus I yaitu 70% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil tersebut maka, Implementasi pendekatan saintifik (Scientific Approach) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dikelas VII SMP Negeri 11 Satu Atap Wonosari. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Keaktifan Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa } }