@thesis{thesis, author={AZIZATUL and Dr. and DRA }, title ={pemetaan struktur pengetahuan siswa dalam meramalkan bentuk molekul senyawa kovalen}, year={2012}, url={}, abstract={Azizatul Khairia. 2012. Pemetaan Struktur Pengetahuan Siswa dalam Meramalkan Bentuk Molekul Senyawa Kovalen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Dr Lukman A.R Laliyo, M.Pd, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep meramalkan bentuk molekul siswa, konsep meramalkan bentuk molekul yang belum dipahami oleh siswa dan peta Knowledge Structure (struktur pengetahuan) konsep meramalkan bentuk molekul siswa SMA Negeri kelas XI yang ada di Kota Gorontalo. Data dikumpulkan dari responden melalui instrumen berupa tes peguasaan konsep meramalkan bentuk molekul senyawa kovalen menggunakan teori VSEPR. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA6 SMAN 1 (n=31), XI IPA1 SMAN 2 (n=28), XI IPA3 SMAN 3 (n=30) dan XI IPA2 SMAN 4 (n=30). Jawaban siswa dianalisis melalui dua cara yaitu menghitung perolehan persentase jawaban benar siswa untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa, yang kedua digunakan analisis KST untuk mengetahui Knowledge Structure (struktur pengetahuan). Perolehan persentase jawaban benar siswa dalam meramalkan bentuk molekul menggunakan teori VSEPR berada pada kategori sangat rendah yaitu 44,04%. Hampir seluruh siswa belum dapat meramalkan bentuk molekul senyawa kovalen menggunakan teori VSEPR dengan benar. Siswa masih belum memahami peranan elektron bebas dalam penentuan notasi dan gambar bentuk molekul. Jalur pembelajaran siswa SMA Negeri di Kota Gorontalo tidak memenuhi Expert Learning Pathway (jalur pembelajaran ahli). Kata Kunci : Pemetaan, Knowledge Structure, KST dan Bentuk Molekul} }