@thesis{thesis, author={Drs and Drs. and MUSTIKAWATI }, title ={PENGARUH STRATEGI PQ4R TERMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN}, year={2013}, url={}, abstract={ABSTRAK Mustikawati. 2013. Pengaruh Strategi PQ4R Termodifikasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: 1) Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd, dan 2) Drs. Mardjan Paputungan, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi PQ4R termodifikasi terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI (sebelas) di Sekolah SMA Negeri 2 Limboto dan diperoleh kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda (objektif) dengan pengujian validitas dan realibilitas sehingga diperoleh 20 butir soal yang valid dari 22 butir soal dengan realibilitas sebesar 0,819. Data dari hasil belajar siswa diuji normalitasnya dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh nilai tes awal pada kelas eksperimen sebesar 0,122 ? 0,157 dan tes akhir sebesar 0,143 ? 0,157. Untuk nilai tes awal kelas kontrol sebesar 0,107 ? 0,157 dan nilai tes akhir sebesar 0,090 ? 0,157. Pengujian homogenitas varians menggunakan uji kesamaan varians sehingga tes awal kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 1,031 < 1,822 dan tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 1,738 < 1,822. Dengan demikian semua data terdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan pengujian dua pihak dan diperoleh -1,999 > ± 2,158 > 1,999, yaitu hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh strategi PQ4R termodifikasi terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi PQ4R termodifikasi lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah. Kata kunci: PQ4R termodifikasi, hasil belajar, hasil kali kelarutan. } }