@thesis{thesis, author={Dr. and Drs. and NURSANTI }, title ={Penerapan Diskusi Kelompok Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Kimia Larutan Penyangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa}, year={2017}, url={}, abstract={Nursanti A. Marzuki. 2016. Penerapan Diskusi Kelompok Tutor Sebaya Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA3 di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi, Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mardjan Paputungan, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA3 di SMA Negeri 1 Telaga Biru melalui penerapan Diskusi Kelompok Tutor Sebaya pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Telaga Biru semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dan esay, dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 47,83 % meningkat menjadi 87 % pada siklus II. Dan daya serap klasikal siswa yang dicapai pada siklus I adalah 72% meningkat menjadi 81 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan diskusi kelompk tutor sebaya pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Telaga Biru. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Diskusi Kelompok Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Larutan Penyangga } }