@thesis{thesis, author={Dr. and MARFITRIYANA and SUPARTIN }, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP (Suatu Penelitian di SMA Tridharma Kota Gorontalo) }, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Marfitriyana Sumarjan. 2015 "Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran (cooperative integrated reading and composition) pada materi lingkungan hidup" pada siswa kelas XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. SKRIPSI. Gorontalo, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2014. Pembimbing I Dr. Rer. Nat. Mohamad Jahja M.Si dan Pembimbing II Supartin S.Pd M.Pd. Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Tridharma. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran kooperatife Tipe (kooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas XI IPS Tridharma Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014-2015 yang berjumlah 14 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengikut sertakan seorang guru pengamat. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 80 % dari siswa yang memperoleh nilai 7.5 keatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe CIRC ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada siklus I hasil belajar sebesar 42.8 % dan meningkat pada siklus II menjadi 92.85 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC pada materi lingkungan hidup dapat meningkat hasil belajar siswa kelas XI SMA Tridharma. Kata Kunci : Hasil Belajar, CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Lingkungan Hidup. } }