@thesis{thesis, author={Dr. and SELI and SUPARTIN }, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA TRIDHARMA GORONTALO}, year={2016}, url={}, abstract={ABSTRAK Seli Cindra. NIM. 451 411 014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Dr. Nawir Sune, M.Si, (2) Supartin, M.Pd. Masalah utama penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi mengalami peningkatan. Hipotesis tindakan adalah Jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi maka hasil belajar siswa pada materi flora dan fauna di kelas XI SMA Tridharma Gorontalo akan meningkat. Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 14 orang siswa kelas XI Ips SMA Tridharma tahun ajaran 2015-2016. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor minimal 75. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 14 orang siswa ada 8 orang siswa atau 57,14% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 6 orang siswa atau 43% memperoleh skor kurang dari 75. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan dari 14 orang siswa ada 12 orang siswa atau 85,71% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 2 orang siswa atau 14% memperoleh skor kurang dari 75. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi akan meningkat jika menggunakan model pembelajaran Artikulasi. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Artikuasi. } }