@thesis{thesis, author={Dr. and Dr.Eng and SINDI }, title ={HAMBATAN GURU DALAM MELAKUKAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA SE-KABUPATEN POHUWATO}, year={2017}, url={}, abstract={ABSTRAK Sindi Destiani Alulu, 2016. Hambatan Guru dalam Melakukan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Geografi SMA/MA Se-Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd. Pembimbing II Dr. Eng Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih mendetail tentang hambatan guru dalam melakukan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi SMA/MA Se-Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menemui beberapa hambatan ketika melakukan penilaian antara lain dikarenakan oleh siswa, keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran, dan hambatan lainnya juga terkadang timbul dari informan sendiri seperti informan kesulitan menerapkan penilaian autentik pada kompetensi tertentu sehingganya ada beberapa indikator dalam sistem penilaian tersebut tidak terlaksanakan. Kata Kunci: Hambatan Guru, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013. } }