@thesis{thesis, author={Dr. and MOHAMMAD and Prof. }, title ={Analisis Pemasaran Dan Keuntungan Tahu Komoditas Kedelai Impor Dan Kedelai Lokal Di Kabupaten Bone Bolango}, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK Mohamad Riski Nasaru, 614 413 064. Analisis Pemasaran Dan Keuntungan Tahu Komoditas Kedelai Impor Dan Kedelai Lokal Di Kabupaten Bone Bolango. Dibawah bimbingan Mahludin H. Baruwadi dan Amir Halid. Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis saluran pemasaran tahu menggunakan kedelai impor dan kedelai lokal di Kabupaten Bone Bolango, 2) Membandingkan hasil keuntungan produksi tahu menggunakan kedelai impor dan kedelai lokal di Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei, dengan data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan produsen menggunakan daftar pertanyaan atau koesioner. dan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo penelitian terdahulu, jurnal dan buku-buku literature sebagai penunjang penelitian.Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Karena jumlahnya sedikit sehingga yang menjadi responden adalah seluruh populasi yaitu 4 pabrik tahu di diwilayah tersebut. Tehnik analisis yang digunakan deskripif kuantitaf yang disajikan dalam bentuk tabel, persentase, grafik, serta menggunakan analisis saluran pemasaran dan keuntungan. hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Berdasarkan hasil penelitian dilihat dari saluran pemasarannya untuk pakbrik tahu berbahan baku kedelai impor dan pabrik tahu berbahan baku kedelai lokal bahwa kedua-duanya menggunanakan saluran pemasaran lansung dan saluran pemasaran tidak langsung. 2) Berdasarakan hasil Analisis keuntungan bahwa pabrik tahu berbahan baku kedelai impor lebih tinggi keuntungannya dengan menghasilkan jumlah R/C ratio sebesar 1,79. Dibadingkan dengan pabrik tahu berbahan baku kedelai lokal yang menghasilkan ratio keuntungan sebesar 1,16 Kata Kunci : Pemasaran Tahu, Bahan Baku Kedelai Lokal dan Kedelai Impor } }