@thesis{thesis, author={Drs. and RISNA and ZULKIFLY }, title ={MENINGKATKAN TEKNIK PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION SISWA KELAS VIII 1 MTS. NURUL BAHRI KEC.KABILA BONE}, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK ZULKIFLY N. TUMILAAR, 2014. NIM. 831410090. SKRIPSI. "Meningkatkan Teknik Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction" (Suatu penelitian pada peserta didik kelas VIII 1 MTs. Nurul Bahri Kabila Bone, Pembimbing I. Drs. Sarjan Mile, MS dan Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd,M.Pd). Passing bawah merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Passing bawah ini bermanfaat sekali saat menerima servis dari pemain lawan, untuk menahan smes, dan mengembalikan/memantulkan bola. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan peserta didik terhadap teknik passing bawah (sikap awal , sikap badan saat melakukan passing, cara mengayunkan tangan, sikap badan setelah melakukan passing) di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas VIII 1 MTs. Nurul Bahri Kec.Kabila Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik. Analisis data menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran passing bawah Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction.dengan perolehan hasil belajar observasi awal 54,16%, pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 72,15%, kemudian peneliti melanjutkan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,09%. Maka penelitian dinyatakan selesai. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar passing bawah. Terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa telah mengalami peningkatan. Kata Kunci : Passing Bawah, Model Pembelajaran Explicit Instruction.} }