@thesis{thesis, author={AGUSTIN and dr. and RHEIN }, title ={SURVEY KEMAMPUAN KOMUNIKASI IBU DALAM MENGELOLA EMOSI ANAK USI SEKOLAH DI SDN 19 KELURAHAN HUANGOBOTU KECAMATAN DUNGINGI KOTA GORONTALO }, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK Agustin Yunita Kalengkongan. 2017. Survey Kemampuan Ibu dalam Mengelola Emosi Anak Usia Sekolah di SDN 19 Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Program Ilmu Keperawatan, Fakultas Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Edwina R. Monayo, M.Biomed dan Pembimbing II Ns. Rhein R. Djunaid, S.Kep, M.Kes. Hasil observasi awal didapatkan 7 keluarga menerapkan komunikasi tertutup dengan anaknya dan cenderung memiliki gaya pengasuhan ke arah otoriter dan agresif. Orang tua memaksakan kehendak pada anak dan menganggap bahwa anak belum dapat berfikir tentang apa yang baik untuk dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ibu dalam mengelola emosi anak usia sekolah. Penelitian ini berjenis non eksperimen metode kuantitatif dengan desain survey deskriptif. Variabel penelitian adalah kemampuan komunikasi ibu dalam mengelola emosi anak. Sampel adalah ibu yang anaknya bersekolah di SDN 19 Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo sebanyak 68 orang dengan teknik total sampling. Pengukuran variabel menggunakan instrument kuesioner. Ibu mampu untuk mengelola emosi anak usia sekolah sebanyak 44 (64,7%) dan ibu tidak mampu sebanyak 24 orang (35,3%). Sebagian besar ibu yang mampu untuk mengelola emosi anak usia tersebut tersebut dilatarbelakangi oleh tingkat pendidikan ibu yang sebagian besar berpendidikan menengah dan perguruan tinggi. Kiranya orang tua dapat mengimplementasikan perilaku pola asuh dan komunikasi keluarga yang baik pada anak, sehingga perkembangan emosional anak dapat terkontrol dan berkembang dengan baik dan tepat. Kata Kunci : Kemampuan, Emosi Daftar Pustaka : 39, 2001-2017. } }