@thesis{thesis, author={Dr. and FERDIAN and MELIZUBAIDA }, title ={Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dikelas VII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango}, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK FERDIAN SANGGULU. 2017. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS TERPADU di Kelas VII IPS SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Bapak Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 135 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebanyak 51 orang. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Sedangkan pada teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis statistic deskriptif dengan pengujian validitas dan reliabilitas data yakni variabel X dan variabel Y. untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan regresi linier sederhana, selanjutnya digunakan uji t. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah Pengelolaan Kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Semakin baik kompetensi profesional yang dimiliki guru maka akan semakin meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Kata kunci: Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa } }