@thesis{thesis, author={MATTOASI and RONALD and SRI }, title ={PERSEPSI PEDAGANG BUAH TERHADAP NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM DI KOTA GORONTALO}, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK SRI LINDA TANIYO, 2018, Skripsi. Persepsi Pedagang Buah Terhadap Niai-Nilai Etika Bisnis Islam di Kota Gorontalo. Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Ronal S. Badu, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Mattoasi, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi pedagang buah terhadap nilai-nilai etika bisnis Islam di kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di kota Gorontalo khususnya Pasar Sentral kota Gorontalo, Jalan HB.Yasin, Jalan Diponegoro, Jalan Kalimantan, dan Jalan Arif Rahman Hakim. Pengumpulan data dilakakukan dengan cara member seperangkat pernyataan yang tertulis kepada responden untuk dijawabnya atau kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang dari jumlah populasi sebanyak 110 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Pengujian instrumen pada penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas dan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pedagang buah kota Gorontalo terhadap nilai-nilai etika bisnis Islam berada dalam kategori sangat baik, dengan hasil pengujian deskriptif jawaban responden secara keseluruhan memperoleh jumlah persentase sebesar 89%. Kata kunci: Persepsi dan Etika Bisnis Islam ABSTRACT SRI LINDA TANIYO, 2018, Skripsi. The Fuit Seller Perception toward Business Code Ethics of Islam in Gorontalo City. Bachelor Study Program Of Accounting Faculty of Economics, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Ronal S, Badu, SE., M.Si and the co-supervisor is Mattoasi, S.Pd., M.Si. The study purpose is to analyze the fruit seller perception toward the business code ethics of Islam Gorontalo city. The research employed a descriptive method with a quantitative approarch. The study wash conducted in Gorontalo city percisely at Gorontalo central market, hb yasin street, diponegoro street, kalimantan street, and arif rahman hakim street. The data were collected by sharing a written statement to respondents to answer or a quastionnaire. The research sample is 52 people out of 110 population. The technique to collect the sample used simple random sampling. The instrument test of the study is validity test and realiability test and for the data analysis technique is using descriptive statictic. The research findings showed that the fruit seller perception toward business code ethics of islam in gorontalo city is in an excellent category, and the result of the descriptive test of all respondents obtained 89% perecentage. Keyword: perception, business code ethics of islam } }