@thesis{thesis, author={Prof. Dr. Hj. Asiah and RINA }, title ={F AK T OR Y AN G M E MP E N G AR U H I K IN ER J A P ER AW AT D I R U M AH S AK IT U M U M D AE R AH H AJ I M AK ASS AR T AH U N 20 13}, year={2013}, url={http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10077/}, abstract={RINA KASRINI. Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Tahun 2013 (dibimbing oleh Asiah Hamzah dan Rahmatia Yunus) Fungsi rumah sakit secara khusus adalah menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, pelayanan perawatan, pelayanan pencegahan dan peningkatan kesehatan. Salah satu tolok ukur mendapatkan pelayanan berkualitas di rumah sakit (RS) adalah tercapainya kinerja sumber daya manusia (SDM) RS yaitu perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah perawat dan pasien yang jumlah keseluruhan sampel sebanyak 140. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah sumber daya manusia, finansial, pengetahuan, kepemimpinan dan motivasi. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan uji regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh sumber daya manusia (p=0,000), financial (p=0,014), pengetahuan (p=0,032), kepemimpinan (p=0,028) dan komunikasi (p=0,030) terhadap kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Tahun 2013. Diharapkan pihak rumah sakit meningkatkan manajemen sumber daya manusia dengan menambah jumlah perawat sesuai dengan perbandingan jumlah pasien, semakin memperhatikan kesejahteraan perawat, memberikan kesempatan kepada perawat untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan karir. Dan diharapkan kepada perawat agar menjalin komunikasi yang intens dan persuasive kepada pasien agar tercipta hubungan yang harmonis antara perawat dengan pasien sehingga memudahkan perawat dalam proses komunikasi terapeutik. Kata kunci : sumber daya manusia, kinerja perawat} }