@thesis{thesis, author={Alwan Alwan}, title ={Perencanaan Jaringan Kerja Perakitan Blok Kamar Mesin Kapal Ferry Ro-ro 750 GT Terintegrasi dengan Sistem Perpipaan Udara Tekan, Isi, Duga, dan Udara, serta Gas Buang}, year={2020}, url={http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1230/}, abstract={Keterlambatan pembangunan kapal menyebabkan kerugian bagi galangan kapal, maka dari itu diperlukan percepatan dalam pembangunan kapal untuk meminimalisir kerugian. Salah satu solusi percepatan adalah integrasi antara pembangunan blok dan outfitting, namun ini memerlukan perencanaan dan manajemen yang baik untuk mendapatkan waktu yang efektif. Sehingga dibutuhkan rencana jaringan kerja untuk mengatur dan mengelola proses pembangunan. Kapal KMP Lakaan dengan tipe Ferry Ro-ro 750GT merupakan objek dalam penelitian ini. Metode Product Work Breakdown Structure (PWBS) digunakan dalam perincian dan pengelompokan kegiatan dalam perakitan blok kamar mesin, dan metode Critical Path Method (CPM) digunakan untuk menganalisa jaringan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menetukan cara mengintegrasi perakitan blok dan sistem perpipaan, durasi perakitan blok, dan aktifitas-aktiftas kritis dalam perakitan blok. Berdasarkan hasil pengolahan data, integrasikan perakitan blok dan sistem perpipaan dilakukan dengan merakitan sistem perpipaan secara on-unit dan onblock. Durasi yang diperoleh dalam perakitan blok kamar mesin yang terdiri dari tiga blok sebagai berikut; HS2 45 hari, HS3 42 hari, dan HS4 50 hari. Kata Kunci : Jaringan Kerja, Integrasi, Durasi, Aktifitas Kritis} }