@thesis{thesis, author={Sari Puspita}, title ={GAMBARAN STATUS KESEHATAN MENTAL DAN LITERASI KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA NON KESEHATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 = DESCRIPTION OF MENTAL HEALTH STATUS AND MENTAL HEALTH LITERACY IN NON-HEALTH STUDENTS OF HASANUDDIN UNIVERSITY}, year={2022}, url={http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/17801/}, abstract={Puspita Sari. R011181015. GAMBARAN STATUS KESEHATAN MENTAL DAN LITERASI KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA NON KSEHATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN DALAM MASA PANDEMI COVID-19, dibimbing oleh Kusrini S Kadar dan Nurhaya Nurdin. Latar Belakang: Insiden gangguan mental di masa pandemi Covid-19 khususnya bagi mahasiswa. Mahasiswa yang mengalami masalah kesehatan mental sebagian besar memiliki tingkat literasi kesehatan mental yang rendah khususnya mahasiswa non kesehatan yang tidak berpengalaman di bidang kesehatan. Tujuan: Untuk mengidentifikasi gambaran status kesehatan mental dan literasi kesehatan mental mahasiswa non kesehatan di Universitas Hasanuddin dalam masa pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Sampel dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan metode non random proporsionate sampling yang melibatkan 375 responden dengan menggunakan Self Reporting Questionnaire (SRQ) ? 20 dan Mental Health Literacy Questionnaire (MHLq) for Young Adults sebagai alat ukur. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden mengalami gangguan mental emosional yakni sebesar 69,9 % dan mayoritas responden memiliki tingkat literasi kesehatan mental yang tinggi yaitu sebesar 94,7% serta mayoritas responden yang mengalami setiap gejala gangguan mental emosional berada pada kategori tinggi dalam literasi kesehatan mental. Kesimpulan dan saran: Lebih dari setengah responden mengalami gangguan mental emosional, dan mayoritas responden memiliki tingkat literasi kesehatan mental yang tinggi serta mayoritas responden yang mengalami setiap gejala gangguan mental emosional berada pada kategori tinggi dalam literasi kesehatan mental. Dengan terselesaikannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi institusi pendidikan agar lebih memperhatikan status kesehatan mental dan literasi kesehatan mental mahasiswa. Keywords : status kesehatan mental,literasi kesehatan mental, mahasiswa non kesehatan, pandemi} }