@thesis{thesis, author={NURDIANSYAH NURDIN WAHYU and Prof. Dr. Sangkala M.Si.}, title ={AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I MAKASSAR)}, year={2013}, url={http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9938/}, abstract={ABSTRAK Wahyu Nurdiansyah N. Akuntabilitas Pelayanan Publik, Studi Kasus Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar (di bimbing oleh Sangkala dan Muhammad Yunus). Penelitian ini bertujuan menganalisis akuntablitas pelayanan publik pembuatan paspor pada Kantor Inigrasi Kelas I Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif melalui studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas I Makassar belum sepenuhnya akuntabel dalam memberikan pelayanan. Fenomena yang terjadi di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar dikaitkan dengan siapa yang bertanggung jawab atas apa yang harus dipertanggung jawabkan apabila terjadi kesalahan yang menyebabkan kinerja masih rendah dapat dikategorikan Skenario Tipe II. Tipe II masih memungkinkan seorang pejabat yang secara formal tidak dapat dikategorikan bertanggung jawab sekalipun ada cukup bukti karenanya menyebabkan kinerja gagal. Dalam kondisi seperti itu, meski seorang Pimpinan tidak secara eksplisit bertanggung jawab atas fenomena-fenomena negatif yang muncul, kinerja yang rendah, atau bahkan kesalahan bawahannya masih dapat dihukum karena kelemahannya dalam menjalankan tugas pengawasan atau pelatihan bawahan yang dapat berujung pada teguran atau diberhentikan.} }