@thesis{thesis, author={Hardiansyah Hardiansyah and Mawardi Mawardi}, title ={ANALISIS DAN EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN MEMBANDINGKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) }, year={2013}, url={http://repository.unib.ac.id/1013/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi perkerasan jalan guna mengetahui jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut serta menentukan jenis pemeliharaan jalan yang baik dan sesuai dengan kerusakan jalan yang terjadi pada jalan Kalimantan Kota Bengkulu. Metode evaluasi kondisi jalan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI). Kawasan ini mempunyai panjang ruas jalan sekitar 2,656 km dimana sekitar 6017,38 m2 mengalami kerusakan. Hasil evaluasi kerusakan jalan berdasarkan metode Bina Marga menunjukkan urutan prioritas untuk Jalan Kalimantan adalah sebesar 8,56 > 7 dari yang disyaratkan, sehingga urutan prioritasnya adalah berada pada kelas A dan jenis penanganannya adalah pemeliharaan rutin. Sedangkan hasil evaluasi kerusakan jalan berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI) menunjukkan bahwa nilai kondisi jalan atau nilai PCI jalan Kalimantan Kota Bengkulu adalah sebesar 44,89. Angka ini menyatakan bahwa jalan tersebut termasuk dalam klasifikasi kualitas perkerasan dengan tingkat sedang (fair), sehingga pemeliharaan jalan yang sesuai adalah program pemeliharaan rutin. } }