@thesis{thesis, author={Dwiansyah Verdi and Gushevinalti Gushevinalti and Lamhir Syam Sinaga}, title ={BLACKBERRY DAN PERGESERAN INTERAKSI SOSIAL PELAJAR DI KOTA BENGKULU (STUDI PADA PELAJAR SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU)}, year={2014}, url={http://repository.unib.ac.id/10150/}, abstract={Kehadiran Blackberry sebagai teknologi komunikasi yang mempunyai banyak kecanggihan melalui fitur-fitur yang dimilikinya membuat Blackberry menjadi alat komunikasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Pelajar yang merupakan bagian dari kelompok masyarakat menjadi bagian dari penikmat teknologi Blackberry, hadirnya Blackberry dikalangan pelajar memberikan banyak dampak dalam kehidupan pelajar sehari-hari salah satunya dalam aktfitas interaksi sosial pelajar pengguna Blackberry. Dengan menggunakan teori determinisme teknologi penelitian ini bertujuan melihat bagaimana interaksi sosial pelajar sebelum menggunakan Blackberry dan sesudah menggunakan Blackberry. Pelajar yang menjadi informan peneliti adalah pelajar SMA negeri 4 Kota Bengkulu berjumlah 8 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pendukung. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa interaksi sosial pelajar sebelum menggunakan Blackberry dominan dilakukan dalam interaksi sosial secara langsung tanpa perantara media dalam syarat proses terjadinya interaksi sosial kontak sosial yang terjadi adalah secara langsung (primer) ,komunikasi yang dilakukan juga secara tatap muka. Interaksi sosial pelajar setelah menggunakan Blackberry di dominasi dengan interaksi sosial secara tidak langsung kontak sosial yang terjadi secara tidak langsung (sekunder) melalui perantara media Blackberry komunikasi yang dilakukanpun tidak secara langsung melainkan melalui pesan-pesan dalam media sosial didalam Blackberry. kehadiran Blackberry sebagai medium melalui kecanggihan fitur-fitur yang dimilikinya memberikan dampak ?candu? terhadap para pelajar penggunanya hal ini yang kemudian membentuk perasaan, cara berfikir, dan berprilaku pelajar dalam aktifitas interaksi sosial mereka seharihari. } }