@thesis{thesis, author={Astuti Pera and Purwaka Purwaka and Syamsul Huda}, title ={PERAN PEMBINA EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU) }, year={2014}, url={http://repository.unib.ac.id/10171/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran pembina ekstrakurikuler kerohanian Islam dalam pembinaan akhlak siswa. Pemilihan Informan dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data untuk membangun inferensi-inferensi, penyajian data, sampai pada penarikan kesimpulan untuk mendapatkan konsep-konsep sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembina ekstrakurikuler kerohanian Islam benar-benar berperan dalam pembinaan akhlak siswa yang mengikuti, mengarahkan membimbing siswa anggota ekstrakurikuler kerohanian Islam sesuai dengan tugasnya sebagai guru, sekaligus sebagai manusia dalam masyarakat yang dianggap mempunyai keahlian di bidangnya. Artinya akhlak baik siswa pun terbentuk karena di dalam ekstrakurikuler kerohanian Islam terdapat berbagai kegiatan yang menjadi landasan dalam penguatan pengembangan kepribadian serta jiwa religius sehingga terwujudnya siswa-siswi yang berkepribadian baik, berakhlak mulia, sehat, cakap, berilmu, kreatif, mandiri, memiliki jiwa yang berdemokratis serta bertanggung jawab sesuai apa yang diharapkan oleh para guru dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. } }