@thesis{thesis, author={ Zukmadini Alif Yanuar and Irdam Idrus and Sri Irawati}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU B }, year={2013}, url={http://repository.unib.ac.id/1021/}, abstract={Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar biologi menggunakan model kooperatif tipe TSTS (two stay two stray). Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru biologi dan siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes dan LKS untuk mengetahui hasil belajar. Data hasil observasi dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata dan menentukan kisaran tiap kriteria. Data hasil belajar dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I, diperoleh skor rata-rata 39 (baik) dan di siklus II menjadi 41 (baik). Untuk aktivitas siswa, skor rata-rata pada siklus I yaitu 37,5 (baik) dan di siklus II menjadi 41 (baik). Siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 77,7 dengan persentase ketuntasan 80,95 % (tuntas) dan siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 79,9 dengan persentase ketuntasan 85,71 % (tuntas). Disimpulkan aktivitas guru dan siswa berlangsung dengan baik serta hasil belajar biologi yang diperoleh telah mencapai ketuntasan belajar klasikal melalui penerapan model kooperatif tipe TSTS di kelas VIII B SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. } }