@thesis{thesis, author={Dewi Febby Kartika and M. Izzudin M. Izzudin and Rohiat Rohiat}, title ={UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI MEWARNAI MELALUI PENCAMPURAN WARNA DENGAN MEDIA SUPER TEMPRA DI TK CAHAYA ISLAMI KOTA BENGKULU}, year={2015}, url={http://repository.unib.ac.id/10274/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kreativitas Seni mewarnai. data penelitian dikumpulkan menggunakan angket. Populasi penelitian adalah Anak-anak TK Cahaya Islami Kota Bengkulu yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, kelas B sebanyak 15 orang. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Populasi adalah anak-anak TK Cahaya Islami kelas B tahun ajaran 2014/2015, sampel penelitian adalah 15 anak. Instrument penelitia yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan teknik analisi data menggunakan analisis rata-rata skor persentase. berdasarkan hasil penelitian di lapangan dan hasil analisis data yang telah dilaksanakan diperoleh hasil yaitu pada siklus I aspek rasa ingin tahu menggambar dan mencampur warna 3 anak (20 %) pada kriteria kurang dan meningkat pada siklus II menjadi 10 anak (66,7 %) yang mendapat kriteria yang Baik. Pada aspek keseriusan menggambar dan mencampur warna 4 anak (26,7 %) pada kriteria kurang dan meningkat pada siklus II menjadi 8 anak (53,3 %) yang mendapat kriteria yang Baik. Pada aspek membangkitkan daya imajinasi menggambar dan mencampur warna 5 anak (33,3 %) pada kriteria kurang dan meningkat pada siklus II menjadi 9 anak (60 %) yang mendapat kriteria yang Baik. Pada aspek menguasai media menggambar dan mencampur warna 3 anak (20 %) pada kriteria kurang dan meningkat pada siklus II menjadi 10 anak (66,7 %) yang mendapat kriteria yang Baik. Pada siklus I aspek kreativitas ada 3 anak (20 %) yang mendapat kriteria kurang dan meningkat pada siklus II menjadi 9 anak (60 %) yang mendapat kriteria baik. } }