@thesis{thesis, author={Febriayansha Rian Rahmat and Puspa Djuwita and Rudi Afriazi}, title ={PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK B PAUD ANAK INDONESIA SELUPU REJANG }, year={2015}, url={http://repository.unib.ac.id/10339/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain peran. Penelitian ini mengunakan desain penelitian tindakan kelas, terdiri dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, monitoring dan evaluasi dan refleksi terhadap tindakan. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B PAUD Anak Indonesia Selupu Rejang yang berjumlah 17 anak. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan metode bermain peran dapat meningkatkan kemadirian anak. Hal ini didukung dengan diperolehnya data hasil yang diperoleh untuk meningkatkan kemandirian anak pada siklus I mencapai 60% dan setelah dilaksanakan siklus kedua naik menjadi 80%. Hasil penelitian menunjukkan dalam kegiatanbermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak di Kelompok B PAUD Anak Indonesia Selupu Rejang. } }