@thesis{thesis, author={Afdhal Kurniawan Mainil and Agus Nuramal and Aprinaldi  Aprinaldi  }, title ={KAJI EKSPERIMENTAL  PENGARUH MODIFIKASI KEPALA SILINDER  TERHADAP CAMPURAN BAHAN BAKAR – UDARA  (AIR-FUEL RATIO)  (STUDI KASUS PADA MESIN HONDA GX-160)  }, year={2015}, url={http://repository.unib.ac.id/10423/}, abstract={Penelitian ini menganalisa pengaruh modifikasi kepala silinder terhadap campuran bahan bakar-udara pada mesin Honda GX-160. Penelitian ini  dilakukan dengan cara memotong kepala silinder sebesar 0,1, 0,2, 0,3, 0,4, dan  0,5. mm yang akan memperkecil ruang bakar sehingga mempertingi kompresi.  Hasil penelitian pada performa mesin kondisi kepala silinder standar, untuk nilai  torsi yang tertinggi dihasilkan 0,63 N.m pada putaran mesin 3800 rpm. Dan pada  kondisi kepala silinder yang telah dimodifikasi, nilai torsi yang tertinggi pada  putaran mesin 1,10, 1,14, 2,74, 3,13,5,09. N-m.Daya tertinggi yang dihasilkan  pada kondisi kepala silinder standar yaitu 3800 rpm yaitu 0,36 hp serta pada  kondisi kepala silinder yang telah dimodifikasi daya tertinggi pada putaran mesin  3800 rpm yaitu 0,64, 0,66, 1,57, 1,82, 2,97 hp Nilai torsi dan daya yang  dihasilkan cenderung lebih tinggi dengan menggunakan kepala silinder  modifikasi. Komsumsi bahan bakar spesifik (SFC) yang dihasilkan pada kondisi  standar cenderung lebih tinggi di bandingkan dengan kondisi kepala silinder  yang telah dilakukan modifikasi, SFC terendah pada kepala silinder yang telah  dimodifikasi yaitu pada putaran mesin 3800 rpm yaitu 1,67, 1,61, 0,87 0,58 0,32  kg/hp.h.  } }