@thesis{thesis, author={Darmansyah Darmansyah and Marsito Edi and Seprianti Eka}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PROF. DR. HAZAIRIN, SH BENGKULU }, year={2015}, url={http://repository.unib.ac.id/10584/}, abstract={Perguruan tinggi merupakan salah satu organisasi penghasil jasa pendidikan yang diharapkan dapat mewujudkan sumber daya manusia melalui system dan hasil pendidikan yang berkualitas. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, diperlukan Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kualitas pendidikan dalam sebuah instansi pendidikan adalah dengan cara mengevaluasi kualitas pelayanan jasa pendidikan. Pada perguruan tinggi, evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan mengetahui apakah terdapat perbedaan atau gap kualitas jasa pendidikan yang diharapkan oleh mahasiswa. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Prof. Hazairin, SH Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat bagimana kinerja layanan pendidikan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy yang diberikan oleh Universitas Prof, Hazairin, SH dan mengukur tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Prof, Hazairin, SH yang sedang mengeyam pendidikan. [ Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan survey.Data yang digunakan adalah data primer yakni dengan menyebarkan kuesioner kepada 250 responden, responden terdiri dari mahasiswa Universitas Prof, Hazairin, SH. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan statistic dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi kualitas jasa yang terdiri dari Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Hal ini dikarenakan perhatian Universitas sebagai penyedia jasa dirasakan baik dalam menjalankan pelayanan jasa pendidikan. Sedangkan Tangibel belum mampu mempengaruhi kepuasan mahasiswa secara signifikan Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas penunjang seperti perpustakaan, ruang baca, dan laboratorium masih kurang menurut para mahasiswa. } }