@thesis{thesis, author={ Dismiti Dismiti and Suhartono Suhartono and Susetyo Susetyo}, title ={PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PAGARALAM }, year={2015}, url={http://repository.unib.ac.id/10687/}, abstract={Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam peningkatan kemampuan menulis eksposisi pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pagaralam yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, demikian halnya dengan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis eksposisi. Hal ini ditandai dengan ketuntasan rata-rata secara klasikal pada siklus 1 sebesar 72,97%, sedangkan pada siklus II sebesar 89,19%. Selain hasil belajar, dari data hasil tes, observasi dan wawancara, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, yaitu siswa memiliki minat, perhatian, antusiasme siswa menunjukkan bahwa menulis eksposisi melaui model kooperatif tipe Jigsaw lebih menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian terebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis eksposisi serta meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. } }