@thesis{thesis, author={Boko Susilo and Ernawati Ernawati and Sari Yosrica Elva}, title ={RANCANG BANGUN APLIKASI PERMAINAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS J2ME UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGINGAT ANAK USIA DINI (4-6 TAHUN) }, year={2013}, url={http://repository.unib.ac.id/988/}, abstract={Pada era teknologi informasi saat ini mobile phone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, melainkan sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi. Salah satunya adalah aplikasi permainan. Penggunaan mobile phone tidak lagi menjadi sesuatu yang eksklusif di kalangan masyarakat luas, tak terbatas usia bisa menggunakan mobile phone, termasuk anak usia dini. Aplikasi permainan yang dibuat pada mobile phone seringkali sifatnya yang kurang mendidik, sehingga tidak sepantasnya dimainkan oleh anak usia dini. Oleh karena itu penulis bermaksud membangun sebuah aplikasi permainan, yaitu permainan kuis interaktif berbasis mobile sebagai penstimulasi kemampuan mengingat anak usia dini. Aplikasi permainan ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME (Java2 Micro Edition) dan dirancang semenarik mungkin dengan menampilkan unsur teks, gambar dan suara, agar mereka mudah mengingat serta menjadikan permainan lebih menyenangkan. Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metode Waterfall. Sedangkan untuk merancang sistem penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi permainan yang bersifat edukasi sebagai penstimulasi kemampuan mengingat anak usia dini, dimana anak usia dini tidak hanya mengenal teknologi dan bermain saja, tetapi mereka bisa bermain sambil belajar. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi berada pada tingkat kelayakan dengan kategori sangat baik. } }