@thesis{thesis, author={Alfarabi Alfarabi and Andi Makhrian and Armalo Angga}, title ={ANALISIS PROSES REGENERASI KOMUNIKASI PADA PERMAINAN RAKYAT }, year={2014}, url={http://repository.unib.ac.id/9920/}, abstract={Penelitian yang berjudul ?Analisis Proses Regenerasi Komunikasi Pada Permainan Rakyat (Studi pada Kelurahan Kandang Mas Kota Bengkulu)? bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi pada regenerasi permainan rakyat saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini ada 3 kelompok yaitu anak-anak, orang yang lebih tua (Remaja) dan budayawan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara wawancara dan pengumpulan data yang telah jadi ataupun diolah oleh pihak lain seperti buku, majalah, maupun artikel online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja dan anak-anak saat ini kurang tertarik lagi untuk bermain permainan rakyat yang ditenggarai oleh faktor seperti maraknya permainan modern, minimnya lapangan kosong, tidak ditradisikannya lagi permainan rakyat oleh orang-orang sekitar, sudah merasa malu dan bahkan sudah lupa tentang cara bermain permainan rakyat tersebut. Hal ini dilihat dengan menggunakan teori konvensional dan interaksional yang didalamnya terdapat proses interaksi yaitu permainan rakyat pada saat ini jarang dilakukan lagi oleh orang yang lebih tua (remaja) kepada anak-anak. Proses lingkungan sosial yaitu minimnya lapangan kosong, maraknya permainan modern dan tidak ditradisikannya lagi permainan rakyat oleh orang-orang sekitar. Proses aktivitas yaitu padatnya aktivitas terutama tentang pembelajaran semakin memangkas waktu bermain. Proses makna yang diterima yaitu berdasarkan proses interaksi, proses lingkungan sosial dan proses aktivitas menjadi suatu pemaknaan yang diterima oleh remaja dan anak-anak yang terus berlangsung dari waktu ke waktu. Dimana generasi sebelumnya (Remaja) dan generasi saat ini (Anak) semakin melupakan permainan rakyat dan semakin terbiasa dengan apa yang telah terjadi saat ini. } }