@thesis{thesis, author={Agus Trianto and Rahman Pathur and Susetyo Susetyo}, title ={KAJIAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP NEGERI 1 KEPAHIANG }, year={2014}, url={http://repository.unib.ac.id/9941/}, abstract={Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pengelolaan kelas yang berkenaan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar serta pengembalian kondisi belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Kepahiang Provinsi Bengkulu berdasarkan kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan rekaman. Data dianalisis dengan cara mentranskripsikan data, pengkodean data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berdasarkan aspek penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang terlaksana adalah (1) memandang secara seksama, (2) gerak mendekat, (3) memberikan reaksi terhadap gangguan dan ketakacuhan siswa, (4) memberikan perhatian, (5) memusatkan perhatian kelompok, (6) memberikan petunjuk-petunjuk, (7) menegur, dan (8) memberikan penguatan. aspek pengembalian kondisi belajar yang terlaksana adalah (1) pengelolaan kelompok, (2) mengawasi dari dekat, (3) memindahkan benda-benda yang bersifat mengganggu, dan (4) menghilangkan ketegangan dengan humor. learning loop di kelas VII smp Negeri 1 yang terlaksana adalah (1) Modeling, (2) Join Contruction, (3) Practic, (4) feedback, (5) asesment, dan (6) reflection. Aspek yang tidak terlihat adalah independent contruction karena selama proses pembelajaran guru selalu memberikan penugasan di dalam kelompok. } }