@thesis{thesis, author={Suci Eneng Rahma}, title ={PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY-DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN SIRANGGAP BOGOR}, year={2020}, url={http://repository.unida.ac.id/1043/}, abstract={Eneng Rahma Suci, H.1611199 ?Penerapan pendekatan inquiry-discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Siranggap Bogor?, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor, 2016. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA di SDN Siranggap masih rendah. Proses pembelajaran IPA belum melibatkan siswa secara aktif dan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya adalah dengan menggunakan penerapan pendekatan inquirydiscovery learning Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA peserta kelas IV SDN Siranggap setelah menggunakan penerapan pendekatan inquiry-discovery learning. Hal ini Tampak pada pra siklus yaitu rata-rata sebesar 54,0 kemudian pada siklus I menjadi 65,44 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,96 dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 65. Adapun ketuntasan belajar pada pra siklus sebesar 8%, pada siklus II meningkat menjadi 52% dan siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat direkomendasikan bahwa dengan penerapan pendekatan inquiry-discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Siranggap. Kata kunci: Inquiry-Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA} }