@thesis{thesis, author={Musdalifah Musdalifah}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BAGI SISWA TUNARUNGU TINGKAT SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.unida.ac.id/1088/}, abstract={Musdalifah. NIM: H.1610394 Pengembangan media puzzle untuk materi penjumlahan dan pengurangan bagi siswa tunarungu tingkat Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Media adalah suatu alat yang digunakan untuk mengantarkan pesan dari pendidik kepada peserta didik. Dan media mempunyai peran penting dalam suatu pembelajaran. Siswa tunarungu adalah siswa yang belajar dengan memanfaatkan visual, sehingga media yang berbentuk visual sangat membantu siswa tunarungu dalam belajar khususnya pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media puzzle untuk materi penjumlahan dan pengurangan bagi siswa tunarungu tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan validasi produk oleh ahli media, validasi oleh ahli materi, dan validasi oleh 2 guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Media puzzle of number adalah seperangkat media pembelajaran yang terdiri dari puzzle box, puzzle, puzzle book dan pion-pion. Media puzzle ini dapat dilipat dan terdiri dari tiga tingkatan, tingkatan pertama untuk satuan yaitu dari angka 1 ? 10, tingkatan kedua untuk belasan yaitu dari angka 11 ? 20, dan tingkatan ketiga untuk puluhan yaitu dari angka 21 - 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media puzzle of number sangat layak digunakan pada materi penjumlahan dan pengurangan bagi siswa tunarungu tingkat sekolah dasar. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase keidealan produk sebesar 82,14 % dengan kategori valid, penilaian oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar 86 % dengan kategori sangat valid, dan penilaian oleh guru menunjukkan persentase sebesar 90,26 % dengan kategori sangat praktis. Kata Kunci: media, siswa tunarungu, puzzle, matematika} }