@thesis{thesis, author={Amatullah Karimah}, title ={EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZZAHRA KABUPATEN BOGOR}, year={2020}, url={http://repository.unida.ac.id/1789/}, abstract={ABSTRAK Karimah Amatullah. NIM: H.1610159 Efektivitas Komunikasi Interpersonal pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu AZZAHRA Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2016. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi GPK dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian mengenai efektivitas komunikasi interpersonal GPK dan orang tua pada anak autis yaitu efektif karena, (1) Keterbukaan: GPK dan Orang tua mampu terbuka dan memberikan kebebasan berkomunikasi pada anak autis; (2) Empati: GPK dan orang tua mampu merasakan apa yang dirasakan oleh anak autis; (3) Sikap Mendukung: GPK dan orang tua mampu memotivasi belajar dengan penuh kesabaran tanpa memberikan paksaan; (4) Rasa Positif: GPK dan orang tua mampu memberikan pujian kepada anak autis sehingga terciptanya semangat pada diri anak autis; (5) Kesetaraan: GPK dan orang tua mampu memposisikan keberadaan anak autis seperti sahabat. Kata Kunci: Efektivitas, Komunikasi Antarpribadi, Autis} }