@thesis{thesis, author={Hakim Anida Khuzaima}, title ={PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 2 BABAKAN}, year={2021}, url={http://repository.unida.ac.id/1926/}, abstract={ABSTRAK Anida Khuzaima Hakim. NIM H.1711113 Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 2 Babakan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan konsentrasi siswa, terutama penggunaan media audiovisual karena memanfaatkan indera pendengaran dan juga penglihatan. Berdasarkan fakta tersebut SDN 2 Babakan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat telah menggunakan media ini dalam proses pembelajaran. Semenjak pembelajaran daring media audiovisual digunakan sebagai media yang paling sering digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar, terutama pada mata pelajaran IPA. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 2 Babakan dengan sampel yaitu seluruh siswa siswi kelas V yang berjumlah 50 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian kali ini menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Instrumen yang diberikan merupakan jenis angket tertutup dengan jumlah 18 soal dan membahas media audiovisual. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dengan hasil reliabilitas sebesar 0,923 yang artinya memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Dengan menggunakan metode penelitian korelasi kausal peneliti melakukan uji prasyarat dengan hasil yang diperoleh yaitu sig. 0,2 > 0,05 dan sig. 0,693 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal dan juga linear. Selanjutnya dilakukan uji signifikansi dan memperoleh hasil sig. 0,002 < 0,05 yang berarti hipotesis terbukti dengan ????0 ditolak dan ???????? diterima. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar IPA kelas V, karena penggunaan media audiovisual membuat siswa lebih cepat memahami materi pembelajaran terutama pada saat pembelajaran daring. Kata kunci: Media Audiovisual, IPA, Hasil Belajar} }