@thesis{thesis, author={Savitri Nanda Aghnia Gani}, title ={HUBUNGAN PENDAMPINGAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIMANGGAH 1}, year={2021}, url={http://repository.unida.ac.id/1936/}, abstract={ABSTRAK Nanda Aghnia Gani Savitri. NIM H.1710138 Hubungan Pendampingan Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV SDN Cimanggah 1. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021. Pada saat pandemi ini, pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) melalui pendampingan yang dilakukan orang tua siswa. Ketika sedang belajar terkadang anak mengalami kesulitan sehingga semangat belajarnya menurun, orang tua seharusnya berperan dalam menanamkan disiplin belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas IV SDN Cimanggah 1. Metode penlitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Jumlah responden yang dignakan untuk sampel yaitu 84 siswa dengan teknik pengumpulan data angket pendampingan orang tua dan angket kedisiplinan belajar. Hasil penelitian ini didapatkan nilai rhitung yaitu 0,526 dengan dibandingkan pada rtabel didapat dari 84-2=0,2146 maka, rhitung > rtabel atau 0,526 > 0,2146, dimana hasil tersebut menunjuan terdapat hubungan yang positif antara pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar. Dengan besar hubungan R square 0,276 atau jika dipresentasikan sama dengan 27,6% maka, hubungan yang terjalin antara pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar yaitu sebesar 27,6% dan sisanya 72,4% itu berhubungan dengan variabel lainnya. Dari hasil penlitian ini terdapat hubungan yang positif antara pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas IV SDN Cimanggah 1. Kata kunci : Pendampingan Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Siswa} }