@thesis{thesis, author={ERMAWATI ERMAWATI}, title ={PENGEMBANG AN MEDIA RARTU HURUT PADA PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.unida.ac.id/883/}, abstract={Ermawati. Nim: H. 1610690. Pengembangan Media Kartu Huruf pada Pembelajaran Aksara Sunda untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Media pembelajaran tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil observasi penggunaan media pada materi aksara Sunda di sekolah masih kurang sehingga berdampak pada pemahaman siswa. Terdapat 50% siswa dari 30 siswa yang mengalami kesulitan menulis aksara Sunda dan 46,7% siswa belum dapat membaca aksara Sunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media kartu huruf yang dapat digunakan dalam pembelajaran aksara Sunda. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Media yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh ahli media mendapatkan nilai 4,13, ahli materi memberikan nilai 4,26, ahli pembelajaran I memberikan nilai 4,73, dan ahli pembelajaran II memberikan nilai 4,00. Media yang telah dinyatakan valid selanjutnya diuji cobakan pada siswa dan mendapatkan nilai 2,64. Berdasarkan hasil uji coba media dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran aksara Sunda. Kata kunci: Media Kartu Huruf, Aksara Sunda.} }