@thesis{thesis, author={IRWANTO IRWANTO}, title ={“PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERASOSIASI PENDEKATAN KONTEKSTUALTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM ASPEK KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI CIKUDA 01}, year={2020}, url={http://repository.unida.ac.id/884/}, abstract={Irwanto. NIM : H.1610257 Pengaruh penerapan model pembelajaran inside outside circle berasosiasi pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dalam aspek kognitif pada mat pelajaran PKn di SDN Cikuda 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Hasil belajar diklasifikasikan ke dalam tiga ranah yaitu: 1) ranah kognitif (cognitive domain); 2) ranah afektif (affective domain) 3) ranah psikomotor (psychomotor domain). Karena alasan ketiga ranah yang diajukan lebih terukur, dalam artian bahwa untuk mengetahui prestasi belajar yang dimaksudkan mudah dan dapat dilaksanakan, khususnya pada pembelajaran yang bersifat formal dan prestasi dapat disesuaikan dengan hasil belajar berupa rapot. Berdasarkan hasil raport pendidikan kewarganegaraan diperoleh data pada kelas eksperimen sebanyak 46,42% (